Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah


Arti 7 Prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional merupakan kumpulan dari organisasi kemanusiaan terbesar di dunia, seringkali dikenal sebagai palang merah. Gerakan ini terdiri dari tiga komponen yaitu :

  • Komite Internasional Palang Medah/International Comittee of The Red Cross (ICRC)
  • Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah/International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC)
  • Perhimpunan Palanv Merah, dan Bulan Sabit Merah Nasional dari 186 negara.
Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional memiliki 7 prinsip dasar, dibawah ini saya sajikan beserta arti 7 Prinsip Kepalang Merahan :

1. Kemanusiaan

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional didirikan berdasarkan keinginan memberi pertolongan tanpa berdasarkan keinginan memberi pertolongan tanpa membedakan korban yang terlula di dalam pertempuran, mencegah dan mengatasi penderitaam sesama manusia. Palang Merah menumbuhkan saling pengertian, persahabatan, kerja sama dan perdamaian abadi bagi sesama manusia

2. Kenetralan

Agar senantiasa mendapat kepercayaan dari sekua pihak, gerakan ini tidak boleh memihak atau melibatkan diri dalam pertentangan politik, kesukuan, agama atau ideologi.

3. Kesamaan

Gerakan ini tidak membuat perbedaan atas dasar kebangsaan, kesukuan, agama atau pandangan politik. Tujuannya semata-mata mengyrangi penderitaan manusia sesuai dengan kebutuhannya dan mendahulukan keadaan yang paling parah.

4. Kemandirian

Gerakan ini bersifat mandiri. Perhimpunan nasional disamping membantu pemerintahannya dalam bidang krmanusiaan, juga harus mentaati peraturan negaranya, harus selalu menjaga otonominya sehingga dapat bertindak sejalan dengan prinsip-prinsip gerakan ini.

5. Kenetralan

Agar senantiasa mendapat kepercayaan dari semua pihal, gerakan ini tidak boleh memihak atau melibatkan diri dalam pertentangan politik, kesukuan, agama atau ideologi.

6. Kesatuan

Di dalam wilayah suatu negara hanya ada satu perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang terbuka untuk semua orang dan melaksanakan tugas kemanusiaan di seluruh wilayah.

7. Kesemestaan

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional adalah bersifat semesta. Setiap Perhimpunan Nasional mempunyai hak dan tanggung jawab yang sama dalam menolong sesama manusia.

Sampai disini saja artikel kali ini membahas arti 7 prinsip palang merah.

Posting Komentar untuk "Arti 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah"